Penerapan Model Pembelajaran Dicovery Learning Disertai LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat

Main Author: Enija, Yanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7372/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7372/2/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7372/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7372/4/14010057-ENIJA%20YANTI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7372/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan diantaranya yaitu siswa kurang aktif dan rendahya motivasi siswa dalam pebelajaran, siswa tidak dilibatkan secara langung saat proses pembelajaran, pembelajaran masih terpusat pada guru. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1Koto Balingka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaranDiscovery Learningdisertai media LKPDpada ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa kelas X SMAN 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control-GroupPostest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Koto Balingka yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019.Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan pada ranah afektif menggunakan lemba robserver, ranah kognitif adalah tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 23 butir soal dan ranah psikomotor menggunakan penilaian berupa laporan.Teknik analisis data menggunakan uji t danujit’. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil tes belajar biologi siswa yaitu nilai rata-rata pada ranah afektif pada kelas eksperimen adalah 82,33 dan kelas control adalah 80,06. Uji t’ diperoleh thitung 0,47 < ttabel 1,67 maka hipotesis pada ranah afektif H0 diterima. Pada ranah kognitif nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 76,76 dan kelas control adalah 63,82. Uji t diperoleh thitung 4,19 > ttabel 1,67 maka hipotesis pada ranah pengetahuan H1 diterima. Sedangkan pada ranah psikomotor diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 76,58 dan kelas control yaitu7 8,87. Uji t’ diperoleh thitung- 1,35 < ttabel 1,67 maka hipotes is pada ranah keterampilan H0 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning disertai media LKPD tidak berpengaruh terhadap hasil belajar biologi pada ranah afektif, berpengaruh terhadap ranah kognitif, dan tidak berpengaruh pada ranah psikomotor siswa kelas X SMAN 1 Koto Balingka Tahun Pelajaran 2018/2019.