Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran masih terpusat pada guru Guru hanya menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Guru belum pernah menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Upaya untuk mengatasi hal tersebut penulis menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai Media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai Media Gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII pada materi Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control-Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 04 Solok Selatan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif adalah tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 42 butir soal. Ranah afektif menggunakan lembar observasi sikap (bertanggung jawab dan bekerjasama) dan ranah psikomotor menggunakan penilaian hasil laporan diskusi yang dibuat siswa (kelengkapan isi laporan dan penulisan). Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf korelasi kepercayaan 95% (α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada ranah kognitif pada kelas eksperimen yaitu 74,77 dengan predikat B, dan kelas kontrol adalah 67,33 dengan predikat C. Uji hipotesis diperoleh thitung (2,76) ttabel (1,6) maka, hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. Pada ranah afektif diperoleh nilai siswa pada kelas eksperimen adalah 80,86 dengan predikat B, dan kelas kontrol adalah 71,67 dengan predikat B. Uji hipotesis diperoleh thitung (2,37) > ttabel (1,68) maka, hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. Ranah psikomotor diperoleh nilai keterampilan pada kelas eksperimen yaitu 75,58 dengan predikat B dan kelas kontrol yaitu 67,71 dengan predikat C. Uji hipotesis diperoleh thitung (1,83) ttabel (1,68) maka, hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak . Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada kelas VIII MTsN 04 Solok Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019.