Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota
Main Author: | Putri, Yunita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7355/1/6.%20Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7355/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7355/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7355/4/PUTRI%20YUNITA%2013010182%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7355/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu antara lain Penerapan kurikulum 2013 berbasis pendekatan saintifik belum terlaksana dengan baik, salah satu kendalanya yaitu guru belum menerapkan pendekatan saintifik dan masih menggunakan metode ceramah. Dalam proses pembelajaran peserta didik dituntut lebih aktif dan guru hanya sebagai fasilitator sedangkan hasil yang ditemukan dilapangan guru masih dominan memberikan materi pada saat proses pembelajaran, hal ini membuat peserta didik menjadi kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai Media Gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Akabiluru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control-Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Akabiluru yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, instrumen penelitian yang digunakan pada ranah afektif melalui lembar observasi. Pada ranah kognitif menggunakan butiran soal objektif melalui tes akhir, dan ranah psikomotor dapat dilihat dari laporan yang dibuat siswa. Analisis data dilakukan dengan uji-t, dengan kriteria thitung>ttabel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar biologi peserta didik yaitu pada ranah afektif diperoleh rata-rata nilai afektif peserta didik pada kelas eksperimen adalah 71,20 dan kelas kontrol adalah 57,76. Uji hipotesis diperoleh thitung (2,59) > ttabel (1,682) jadi hipotesis ranah afektif diterima. Pada ranah kognitif rata-rata nilai hasil tes akhir kelas eksperimen adalah 80,79 dan kelas kontrol adalah 76,35. Uji hipotesis diperoleh thitung (1,60) < ttabel (1,68) jadi hipotesis ranah kognitif ditolak. Sedangkan pada ranah psikomotor diperoleh rata-rata nilai keterampilan pada kelas eksperimen yaitu 59,46 dan kelas kontrol yaitu 51,14. Uji hipotesis diperoleh thitung (2,26) > ttabel (1,68) jadi hipotesis ranah psikomotor diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning tidak berpengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif sedangkan pada ranah afektif dan psikomotor berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Akabiluru tahun pelajaran 2018/2019.