Hubungan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dengan Hasil Belajar IPA pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup pada Siswa Kelas VIII di SMP N 25 Padang

Main Author: Putri, Maides Oktaviani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7338/1/PUTRI%20MAIDES%20OKTAVIANI%20-%2011010094%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7338/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7338/3/BAB%20V%20penutup.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7338/4/DAFTAR%20%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7338/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pemanfaatan lingkungan yang masih kurang, guru kurang optimal memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dan sarana pembelajaran. Waktu yang digunakan kurang efektif seharusnya dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar membutuhkan waktu yang efesien, sementara waktu yang disediakan terkadang kurang maksimal dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dan masih rendahnya hasil belajar pada materi klasifkasi makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan lingkungan sekolah dan hasil belajar IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan lingkungan di SMP N 25 Padang Tahun pelajaran 2018-2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling yaitu sampel yang diambil sebanyak 25% dari setiap kelas. Perwakilan dari satu lokal 8 orang perkelas jumlah dari seluruh sampel, yaitu 64 orang siswa kelas VIII SMP N 25 Padang yang terdiri dari 8 kelas. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner). Teknik analisis rumus korelasi product moment, rumus koefisien determinasi, rumus uji t dan uji linear. Berdasarkan penelitian diperoleh yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa pemanfaatan lingkungan terhadap hasil belajar IPA yang dapat dilihat dari hasil angket terdapat 3 sub variabel dengan kriteria ”cukup”. Nilai koefisien korelasi rhitung 0,421, untuk mengetahui korelasi berarti atau tidak, dimana hasil korelasi product moment tersebut diuji dengan uji signifikasi rumus t. Hasil pengolahan data menunjukkan nilai thitung sebesar 3.6814 dan nilai ttabel sebesar 1,6698 pada taraf kepercayaan 95% (α=0,05). Kesimpulan penelitian adalah bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dengan hasil belajar biologi pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan lingkungan di SMP N 25 Padang