Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Brain Writing Terhadap Keterampilan Menulis Proposal Kegiatan Siswa Kelas XI SMA N 1 Pagai Utara Selatan Kabupaten Mentawai

Main Author: Florentina, Nainggolan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7335/1/skripsi%20full.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7335/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7335/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7335/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7335/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu. Kemampuan menulis proposal kegiatan siswa masih kurang ataupun tergolong rendah karena siswa belum paham. Siswa sulit menentukan latar belakang masalah dan tujuan ataupun unsur-unsur yang ada di dalam proposal kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis proposal kegiatan sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Brain Writing siswa kelas XI SMA N 1 Pagai Utara Selatan Kabupaten Mentawai, dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Brain Writing siswa kelas XI SMA N 1 Pagai Utara Selatan Kabupaten Mentawai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest and posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Pagai Utara Selatan pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 195 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 31 siswa. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran Brain Writing sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis proposal kegiatan sebagai variabel terikat (Y). Data penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja keterampilan menulis proposal kegiatan sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Brain Writing siswa kelas XI SMA N 1 Pagai Utara Selatan Kabupaten Mentawai. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, nilai rata-rata keterampilan menulis proposal kegiatan sebelum menggunakan model pembelajaran Brain Writing siswa kelas XI SMA N 1 Pagai Utara Selatan Kabupaten Mentawai adalah 56,22 pada rentangan 55-65% dengan kualifikasi Cukup (C). Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis proposal kegiatan sesudah menggunakan model pembelajaran Brain Writing siswa kelas XI SMA N 1 Pagai Utara Selatan Kabupaten Mentawai adalah 77,27 pada rentangan 76-85% dengan kualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Brain Writing terhadap keterampilan menulis proposal kegiatan siswa kelas XI SMA N 1 Pagai Utara Selatan Kabupaten Mentawai dengan thitung > ttabel (7,03 > 1,70) dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima.