Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Disertai Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 12 Padang
Main Author: | Amelia, Rahmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7333/2/15110015%20AMELIA%20RAHMAWATI%20%28SKRISI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7333/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7333/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7333/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7333/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum maksimalnya hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMAN 12 Padang karena pembelajaran masih berpusat pada pendidik. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik adalah dengan penerapan model pembelajaran direct instruction disertai quick on the draw terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMAN 12 Padang. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh Model Direct Instruction disertai Quick On The Draw terhadap hasil belajar fisika kelas XI IPA SMAN 12 Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Postest Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes essay dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 55,95 dan 61,28. Nilai rata-rata kompetensi sikap kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 75 dan 61,2. Hasil uji hipotesis diperoleh, thitung = -1,51 dan ttabel = 1,67 maka hipotesis ditolak. Kesimpulan dari analisis data bahwa tidak terdapat pengaruh hasil belajar fisika peserta didik menggunakan model pembelajaran direct instruction disertai quick on the draw kelas XI IPA SMAN 12 Padang