Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Bowling Kampus Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Padang
Main Author: | Zopi, Liadri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7331/3/ZOPI%20LIADRI%2014110046%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7331/1/2%20ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7331/2/BAB%20V%20ZOPI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7331/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7331/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran masih berpusat kepada guru akibatnya pembelajaran kurang menarik dan menantang serta proses pembelajaran kelompok tidak berjalan optimal yang menyebabkan hasil belajar fisika siswa rendah. Pada proses pembelajaran diperlukan strategi baru yang mendukung siswa untuk aktif, salah satunya yaitu strategi pembelajaran aktif tipe Bowling Kampus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Bowling Kampus lebih baik dari pada hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment, dengan desain penelitian posstest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas sampel yaitu kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol VIII.4 SMP Negeri 30 Padang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah pada ranah kognitif berupa tes akhir dan ranah afektif berupa lembar observasi untuk melihat hasil belajar siswa. Pada ranah kognitif diperoleh persentase dari nilai hasil tes akhir pada kelas eksperimen 85,97 sedangkan kelas kontrol 70,45 dan dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t didapat thitung = 5,84 dan ttabel = 1,67, karena thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Pada ranah afektif berupa aktivitas siswa yang dilihat selama proses pembelajaran berlangsung. Pada kelas eksperimen diperoleh persentase aktivitas siswa yaitu 62,58 sedangkan kelas kontrol yaitu 58,22. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa dengan strategi pembelajaran aktif tipe Bowling Kampus lebih baik dari pada hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi getaran dan gelombang SMP Negeri 30 Padang