Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Lailatul, Nur Fauziah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7330/3/skripsi%20full%20ok.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7330/4/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7330/5/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7330/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7330/
Daftar Isi:
  • Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran fisika di sekolah belum optimal. Pembelajaran konvensional seperti metode ceramah lebih membuat siswa menjadi cepat bosan sehingga menyebabkan hasil belajar fisika rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping (peta pikiran) lebih baik dari pada hasil belajar fisika siswa dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sutera. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi-eksperimental research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sutera pada tahun pelajaran 2018/2019. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah pada ranah kognitif berupa tes akhir dan ranah afektif berupa lembar aktivitas siswa. Pada ranah afektif berupa aktivitas siswa yang dilihat selama proses pembelajaran berlangsung. Pada kelas eksperimen diperoleh persentase aktivitas siswa yaitu 71,773 sedangkan kelas kontrol yaitu 59,676. Pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 69,645 sedangkan kelas kontrol 57,387. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak didapat thitung = 2,31 dan ttabel = 1,67, dimana jika thitung > ttabel maka hipotesis alternatif diterima. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan metode Mind Mapping lebih baik dari pada hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan metode konvensional pada materi elastisitas dan hukum hook kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sutera.