Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question disertai Reward Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMPN 28 Padang
Main Author: | Herwanda, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7329/1/HERWANDA%20SARI%2014110040%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7329/2/abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7329/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7329/4/DAFTAR%20KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7329/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar fisika siswa kelas VII di SMP N 28 Padang. Hal ini disebabkan karena masih banyak siswa yang mengatakan pelajaran fisika itu sulit, membosankan dan kurang menyenangkan sebab pelajaran fisika berhubungan dengan rumus, sehingga sulit untuk dihafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question disertai Reward Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMPN 28 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Randomized Kontrol Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 28 Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, yaitu dengan pengambilan secara acak dan di dapatkan kelas VII.5 dan VII.7 sebagai kelas sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes akhir untuk melihat hasil belajar pada ranah kognitif dan lembar observasi untuk melihat hasil belajar pada ranah afektif. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji Mann Whitney karena data pada kelas eksperimen terdistribusi normal sedangkan kelas kontrol tidak terdistribusi normal tetapi kelompok data mempunyai varians homogen. Nilai rata-rata ranah kognitif kelas eksperimen adalah 66,97 sedangkan kelas kontrol adalah 67,81 hasil uji hipotesis untuk ranah kognitif diperoleh, Zhitung = 7,97 danZtabel= 0,997 maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Pada ranah afektif rata-rata aktifitas siswa pada kelas eksperimen adalah 60,62 sedangkan pada kelas kontrol 57,10 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar fisika siswa menerapkan strategi belajar aktif tipe learning starts whith a question berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 28 Padang