Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kota Solok
Main Author: | Timi, Harianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7327/2/skripsi%20full.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7327/1/04%20ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7327/3/05%20BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7327/4/06%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7327/ |
Daftar Isi:
- Keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran fisika di sekolah belum optimal. Metode yang diterapkan metode saintifik tetapi belum berjalan dengan sempurna karena masih terdapat metode ceramah didalamnya. Banyak peserta didik yang tidak tertarik dengan pembelajaran fisika karena peserta didik menganggap mata pelajaran fisika itu sulit dikarenakan rumus fisika yang banyak sehingga motivasi belajar peserta didik masih tergolong rendah. Pada proses pembelajaran diperlukan inovasi baru yang mendukung peserta didik untuk aktif dan mandiri, salah satunya yaitu penerapan model pembelajaran quantum teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIPA SMA N 4 Kota Solok. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMAN 4 Kota Solok yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas X MIPA 4 kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 kelas kontrol. Instrumen ranah kognitif menggunakan tes akhir. Ranah afektif menggunakan lembar observasi aktivitas peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data pada ranah kognitif, diperoleh bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal, dan mempunyai varians yang homogen. Rata- rata nilai hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 71,8 dan kelas kontrol 59,25. Sedangkan pada ranah afektif diperoleh rata-rata aktivitas kelas eksperimen yaitu 73,06 dan kelas kontrol 55,55. Selanjutnya dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t dua pihak didapatkan harga thitung = 2,61, sedangkan harga ttabel sebesar 1,67. Karena thitung > ttabel, maka tolak H0 dan terima H1. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum teaching terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIPA SMAN 4 Kota Solok