Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan LKPD Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X IPA SMAN 9 Sijunjung
Main Author: | Rahmi, Ayu Pratiwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7320/3/SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7320/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7320/4/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7320/2/DAFTAR%20KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7320/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar fisika peserta didik masih rendah dan metode yang digunakan pendidik masih metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar fisika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dengan LKPD lebih baik dari pada hasil belajar fisika peserta didik dengan pendekatan saintifik di kelas X IPA SMAN 9 Sijunjung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampling jenuh. Teknik pengambilan sampelnya adalah dengan sampling jenuh karena populasi terdiri dari dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar fisika dalam bentuk essay. Teknik analisis yang digunakan untuk hipotesis adalah uji-t satu pihak. Hasil belajar yang dilihat yaitu pada ranah kognitif dan ranah afektif. Pada ranah afektif berupa aktivitas peserta didik yang dilihat selama proses pembelajaran berlangsung. Pada kelas eksperimen diperoleh persentase aktivitas peserta didik yaitu 69,89 sedangkan kelas kontrol yaitu 66,09. Pada ranah kognitif dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t didapat thitung = 0,16 dan ttabel = 1,67, dimana thitung < ttabel maka hipotesis H0 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dengan LKPD sama dengan hasil belajar fisika peserta didik dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan LKPD di kelas X IPA SMAN 9 Sijunjung.