Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Informal dengan Formulate-Share-Listen-Creat (FSLC) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas IX SMPN 1 Batang Anai
Main Author: | Indah, Wulandari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7317/2/Indah%20Wulandari%20%2814110025%29%20Skripsi.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7317/1/1.ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7317/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7317/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7317/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum maksimalnya hasil belajar fisika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Batang Anai. Belum maksimalnya hasil belajar siswa disebabkan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru belum bervariasi dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Salah satu cara yang dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa adalah dengan penerapan Model Pembelajran kooperatif informal dengan Formulate-Share-Listen-Creat (FSLC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar fisika siswa dengan penerapan Model Pembelajaran kooperatif informal dengan Formulate-Share- Listen-Creat (FSLC) berpengaruh pada hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional di kelas IX SMP Negeri 1 Batang Anai. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas IX.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa essay dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji t karena data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians homogen. Nilai rata-rata ranah kognitif kelas eksperimen adalah 81,26 sedangkan kelas kontrol adalah 65,98. Hasil uji hipotesis untuk ranah kognitif diperoleh, thitung = 14,78 dan ttabel = 2,405 maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Pada ranah afektif rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen adalah 57,71 sedangkan pada kelas kontrol 53,85 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Informal dengan Formulate-Share-Listen-Creat (FSLC) terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas IX SMP Negeri 1 Batang Anai