Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri disertai Embedded Test terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIPA SMAN 14 Padang

Main Author: Meysarah, Meysarah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7307/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7307/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7307/3/bab%205.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7307/4/DAFTAR%20KEPUSTAKAAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7307/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar fisika siswa karena masih kurangnya minat belajar siswa saat proses pembelajaran, serta siswa kurang kreatif, dan kurangnya interaksi siswa dengan guru sehingga siswa malu untuk mengungkapkan pendapatnya. Siswa selalu beranggapan kalau fisika itu sulit untuk dipahami. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis melakukan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri yang disertai embedded test terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI MIPA di SMAN 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Data hasil belajar fisika dilihat dalam 2 ranah, yaitu ranah kognitif, dan afektif. Pada ranah kognitif pengambilan data menggunakan soal essay sebanyak 8 butir soal dan pada ranah afektif menggunakan lembar observasi dengan melihat aktivitas siswa. Hasil belajar fisika siswa pada ranah kognitif diperoleh, nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 74,15 dan kelas kontrol 58,29. Sedangkan pada ranah afektif rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, yaitu pada kelas eksperimen 75,31 mempunyai kategori C atau cukup dan kelas kontrol 67,14 juga mempunyai kategori C atau cukup. Hasil belajar juga dilakukan uji hipotesis dengan t(0,95)(66) = 1,669 dan thitung = 6,38274 dikarenakan thitung > t(0,95)(66) maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hal ini berarti penerapan model pembelajaran inkuiri yang disertai embedded test memiliki pengaruh yang baik untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIPA SMAN 14 Padang.