Pengaruh Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga, Kreativitas Belajar dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMA PGRI 1 Padang

Main Author: Poppy, Nofrianingsih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7300/2/14090252%20-%20POPPY%20NOFRIANINGSIH%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7300/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7300/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7300/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7300/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar, 2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar,3) pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar,4) pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar,5) pengaruhfasilitas belajar, lingkungan keluarga,kreativitas belajar dan kesiapan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan seluruh siswa kelas X IPS SMA PGRI 1 Padang dan sampel berjumlah 68siswa dengan teknik pengambilan Total Sampling.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif dengan bantuan program SPSS versi 16.0 dan Eviews versi 6. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertamafasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Dimana diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,641nilai ini signifikan karena nilai thitung sebesar 7,302 > ttabel sebesar 2,00. Kedualingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Dimana diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,239nilai ini signifikan karena nilai thitung sebesar 5,570 > ttabel sebesar 2,00. Ketigakreativitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. DDimana diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,333nilai ini signifikan karena nilai thitung sebesar 4,174 > ttabel sebesar 2,00. Keempatkesiapan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa Kelas X di SMA PGRI 1 Padang. Dimana diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,409nilai ini signifikan karena nilai thitung sebesar 4,414 > ttabel sebesar 2,00.Keenamfasilitas belajar, lingkugan keluarga, kreativitas belajar dan kesiapan belajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh nilai Fhitung 79,348 > Ftabel 2,52 dan nilai Sig 0,000 < α 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan, 1) diharapkan kepada pihak sekolah agar lebih memperhatikan fasilitas fasilitas yang lengkap untuk menunjang pencapaian prestasi belajar yang lebih baik. 2) diharapkan kepada orang tua agar mendidik anak dengan cara mendisiplinkan waktu belajar anak agar anak bisa memanfaat dirumah. 3) diharapkan kepada siswa agar dalam proses pembelajaran dapat bekerja sendiri tidak bergantung kepada orang lain. 4) diharapkan kepada siswa harus siap dengan materi yang ingin disampaikan oleh guru harus dipelajari terlebih dahulu, agar dapat ikut berpartisifasi dalam menanggapi pelajaran yang diberikan oleh guru.