Pengaruh Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Tingkat Pendidikan Orang Tua, Pendapatan Orang Tua Dan Biaya Pendidikan Terhadap Minat Melanjutkan Studi Keperguruan Tinggi Swasta Pada Kelas XII IPS SMA DM Triguna Padang

Main Author: Siska, Prima Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7295/2/14090244%20-%20SISKA%20PRIMA%20DEWI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7295/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7295/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7295/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7295/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang : (1) pengaruh motivasi belajar terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi swasta. (2) pengaruh prestasi belajar terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi swasta. (3) pengaruh pendidikan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi swasta. (4) pengaruh pendpatan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi swasta. (5) pengaruh biaya pendidikan terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi swasta. (6) pengaruh motivasi belajar, prestasi belajar, pedidikan orang tua, pendpatan orang tua dan biaya pendidikan terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi swasta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswi IPS kelas XII SMA DM Triguna Padang. Sampel berjumlah 62 orang dengan teknik pengambilan sampel Stratified Random Sampling berdasarkan tingkat pendapatan orang tua. Hasil penelitian adalah (1) Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan. Pengaruh yang lebih besar terdapat pada tingkat pendapatan tinggi di bandingkan dengan tingkat pendapatan rendah yang di tunjukkan oleh nilai koefisiennya masing-masing sebesar 0,325 dan 0,233. Dengan nilai thitung masing-masing 2,573 > ttabel 2,06 dan 2,201 > ttabel 2,06 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. (2) Prestasi belajar berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan. Pengaruh yang lebih besar terdapat pada tingkat pendapatan tinggi di bandingkan dengan tingkat pendapatan rendah yang di tunjukkan oleh nilai koefisiennya masing-masing sebesar 0,419 dan 0,333. Dengan nilai thitung masing-masing 3,542 > ttabel 2,06 dan 3,922 > ttabel 2,06 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. (3) Pendidikan orang tua berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan. Pengaruh yang lebih besar terdapat pada tingkat pendapatan rendah di bandingkan dengan tingkat pendapatan tinggi yang di tunjukkan oleh nilai koefisiennya masing-masing sebesar 0,603 dan 1,027. Dengan nilai thitung masing-masing 2,539 > ttabel 2,06 dan 5,049 > ttabel 2,06 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. (4) Pendapatan orang tua berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan. Pengaruh yang lebih besar terdapat pada tingkat pendapatan tinggi di bandingkan dengan tingkat pendapatan rendah yang di tunjukkan oleh nilai koefisiennya masing-masing sebesar 42,869 dan 20,766. Dengan nilai thitung masing-masing 3,357 > ttabel 2,06 dan 4,274 > ttabel 2,06 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. (5) Biaya pendidikan berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan. Pengaruh yang lebih besar terdapat pada tingkat pendapatan rendah di bandingkan dengan tingkat pendapatan tinggi yang di tunjukkan oleh nilai koefisiennya masing-masing sebesar 10,931 dan 25,436. Dengan nilai thitung masing-masing 2,956 > ttabel 2,06 dan 4,603 > ttabel 2,06 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. (6) Pengaruh motivasi belajar, prestasi belajar, pendidikan orang tua, pendapatan orang tua dan biaya pendidikan terhadap minat melanjutkan pendidikan. Untuk tingkat pendapatan tinggi nilai Fhitung 43,642 > Ftabel 2,62. Sedangkan untuk tingkat pendapatan rendah nilai Fhitung 50,420 > Ftabel 2,59. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima.