Daftar Isi:
  • Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran TIK di sekolah belum optimal. Pembelajaran Ekspositori seperti metode ceramah lebih membuat siswa menjadi cepat bosan sehingga menyebabkan hasil belajar TIK siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran snowball throiwng berpengaruh terhadap hasil belajar TIK siswa pada materi Operasi Dasar Komputer kelas X SMA Negeri 1 Jujuhan Ilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi-eksperimental research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Jujuhan Ilir pada tahun pelajaran 2018/2019. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah X 1 sebagai kelas eksperimen dan X 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah pada ranah kognitif berupa tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 83,33, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 76,76. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (2,515 > 1,692), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing lebih baik dari pada yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Hal ini berarti model pembelajaran snowball throwing berpengaruh terhadap hasil belajar TIK siswa pada materi Operasi Dasar Komputer kelas X SMA Negeri 1 Jujuhan Ilir.