Pengembangan Modul Digital Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data Di SMK Negeri 6 Padang
Main Author: | Elsa, Priska |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7287/1/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7287/2/4.%20ABSTRACT.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7287/3/5.%20BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7287/4/6.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7287/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul digital dengan materi prosedur instalasi server softswitch berbasis session initial protocol (SIP) dan mengetahui kelayakan modul digital dengan materi prosedur instalasi server softswitch berbasis session initial protocol (SIP) untuk pembelajaran komunikasi data kelas XI TKJ di SMK Negeri 6 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development), dengan desain pengembangan yang dipilih adalah menggunakan model pengembangan 4-D. Langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut. (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) dessiminate. Hasil penilaian oleh para ahli media ditinjau dari aspek tampilan desain layout: 90,00%, Komponen teks topografi : 90,00 %, image: 93,33% , animasi: 90,00%, Audio: 85,00%, video: 90,00%, kemasan 95,00%. Secara keseluruhan penilaian uji validator ahli media terhadap Modul Digital sebesar 90,48%, sehingga tingkat validitas dapat diinterprestasikan Sangat Valid digunakan. Hasil penilaian oleh para ahli materi ditinjau dari aspek isi kurikulum :100,00%, Pengguna: 92,00%, Pembelajaran: 91,43%, Kemasan: 100,00%, Penutup: 90,00%. Secara keseluruhan penilaian uji validator ahli materi terhadap Modul Digital sebesar: 95,69%, sehingga tingkat validitas dapat diinterprestasikan Sangat Valid digunakan. Hasil penilaian uji kepraktisan ditinjau dari aspek kualitas produk : 85,54 %, efektifitas waktu pembelajaran: 82,5 %, manfaat: 86,25%. Secara keseluruhan penilaian kepraktisan terhadap Modul Digital 84,76%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interprestasikan Praktis digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan ahli serta hasil dari uji coba lapangan Modul Digital sudah teruji kelayakan dan dapat digunakan pada proses pembelajaran pada mata pelajaran Komunikasi Data jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 6 Padang. Kata kunci : Pengembangan, Modul, Modul Digital