Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pengajaran remedial yang diberikan oleh guru dalam memberikan remedial untuk siswa kelas X di SMAN 1 Sungai Geringging. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang persepsi siswa dalam pengajaran remedial di kelas sepuluh SMAN 1 Sungai Geringging tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Informan penelitian ini adalah sembilan orang siswa kelas X SMAN 1 Sungai Geringging dengan menggunakan purposive teknik sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, catatan lapangan, dan perekam suara. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah perekam suara untuk merekam proses wawancara. Teknik analisa data yang digunakan adalah membaca, mendeskripsikan, mengelompokkan, dan menginterpretasikan persepsi siswa didalam pengajaran remedial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa pada pengajaran remedial, yakni: pertama, siswa berpendapat bahwa penetapan jenis tugas sesuai dengan kesulitan yang dihadapi siswa. Namun, guru memberikan tugas yang sama dengan tugas yang sebelumnya. Kedua, siswa memiliki persepsi bahwa dalam pengajaran remedial hanya diberikan tugas dalam bentuk individu untuk menghindari pencontekkan. Ketiga, siswa memberikan persepsi bahwa instruksi yang diberikan oleh guru jelas sehingga siswa dapat melakukan tugas remedial dengan instruksi yang benar.