Pengaruh Kebiasaan Belajar Siswa, Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran, Gaya Belajar, Sarana Sekolah dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 16 Padang
Main Author: | Wanda, Regina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7277/4/14090229%20-%20WANDA%20REGINA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7277/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7277/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7277/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7277/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar. (2) pengaruh partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar. (3) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar. (4) pengaruh sarana sekolah terhadap prestasi belajar. (5) pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar. (6) pengaruh kebiasaan belajar, partisipasi siswa dalam pembelajaran, gaya belajar, sarana sekolah dan pergaulan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 16 padang. Sampel berjumlah 71 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa Stratified Random Sampling berdasarkan tingkat pendidikan orang tua siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif dengan bantuan program SPSS versi 16.0 dan Eviews versi 6. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Yang di tunjukkan oleh nilai koefisiennya masing masing sebesar 0,427 dan 0,444. Dengan nilai thitung masing-masing 5,755 > ttabel 1,73406 dan 5,325 > ttabel 1,68288 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. (2) Partisipasi siswa dalam pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Yang di tunjukkan oleh nilai koefisiennya masing-masing sebesar 0,245 dan 0,442. Dengan nilai thitung masing-masing 3,286 > ttabel 1,73406 dan 3,719 > ttabel 1,68288 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. (3) Gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Yang di tunjukkan oleh nilai koefisiennya masing-masing sebesar 0,380 dan 0,254. Dengan nilai thitung masing-masing 6,793 > ttabel 1,73406 dan 3,270 > ttabel 1,68288 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. (4) Sarana sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Yang di tunjukkan oleh nilai koefisiennya masing-masing sebesar 0,309 dan 0,479. Dengan nilai thitung masing-masing 3,411 > ttabel 1,73406 dan 5,178 > ttabel 1,68288 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. (5) Pergaulan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Yang di tunjukkan oleh nilai koefisiennya masing-masing sebesar 0,345 dan 0,267. Dengan nilai thitung masing-masing 7,041 > ttabel 1,73406 dan 4,587 > ttabel 1,68288 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. (6) Kebiasaan belajar, partisipasi siswa dalam pembelajaran, gaya belajar, sarana sekolah dan pergaulan teman sebaya secara bersamaan memberikan pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Untuk tingkat pendidikan tinggi dengan nilai Fhitung 61,968 > Ftabel 2,77 dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05, sedangkan untuk tingkat pendidikan rendah dengan nilai Fhitung 62,386 > Ftabel 2,44 dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima.