Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Komposisi Digital Kelas XI Jurusan Teknik Multimedia di SMK Teknologi Plus Padang

Main Author: Riyan, Kurnia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7273/1/skripsi%20full.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7273/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7273/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7273/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7273/
Daftar Isi:
  • Pengembangan media pembelajaran interaktif merupakan media pembelajaran untuk meningkatkan perhatian dan pemahaman siswa sehingga siswa dapat melihat dan membangun sendiri pemahamannya dalam pembelajaran. Tujuan dari pengembangan ini adalah “menghasilkan produk media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran Komposisi Digital dengan pokok bahasan materi alat bantu pencahayaan dan alat bantu pemotretan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Depvelopment (R&D), dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Subjek penilaian produk media pembelajaran interaktif meliputi dua orang ahli media untuk uji validasi media, dua orang ahli materi untuk uji validasi materi, satu orang guru dan 10 orang siswa untuk uji praktikalitas media pembelajaran interaktif. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis mutimedia dinilai oleh validator dengan rincian validator ahli media sebesar 83,3%, validator ahli materi sebesar 91,0%, dengan nilai rata-rata validitas sebesar 87,5% sehingga dinyatakan Valid. Penilaian praktikalitas Guru memperoleh nilai sebesar 90,4% sehingga dinyatakan Sangat Praktis. Penilaian praktikalitas Siswa memperoleh nilai sebesar 86,9% sehingga dinyatakan Praktis, dengan nilai rata-rata praktikalitas sebesar 89,1% sehingga dinyatakan Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukkan ahli serta hasil dari uji coba lapangan media pembelajaran interaktif sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Komposisi Digital di SMK Teknologi Plus Padang. Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia, Makromedia