Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Efikasi Diri, Teman Sebaya dan Motivasi Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII MAN 3 Pesisir Selatan

Main Author: Indra, Murnianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7271/3/14090219%20-%20INDRA%20MURNIANTI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7271/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7271/2/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7271/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7271/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi siswa. 2) pengaruh efikasi diri terhadap motivasi siswa. 3) pengaruh teman sebaya terhadap motivasi siswa. 4) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 5) pengaruh kepuasan kerja guru terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 6) pengaruh moral kerja guru terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 7) pengaruh motivasi kerja guru terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MAN 3 Pesisir Selatan yang berjumlah 91 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Total Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi siswa, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,313 dan thitung 3,241 > ttabel 1,98793. Kedua efikasi diri signifikan berpengaruh terhadap motivasi siswa, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,249 dan thitung 2,650 > ttabel 1,98793. Ketiga teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap motivasi siswa, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,510 dan thitung 5,603 > ttabel 1,98793. Keempat status sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap terhadap terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,441 dan thitung 6,497> ttabel 1,98793. Kelima efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,142 dan thitung 2,184 > ttabel 1,98793. Keenam teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,182 dan thitung 2,854 > ttabel 1,98793. Ketujuh motivasi siswa berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,300 dan thitung 4,216 > ttabel 1,98793.