Pengaruh Kebiasaan Belajar, Kecerdasan Emosional, Lingkungan Belajar dan Pengendalian Diri Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Panti Kabupaten Pasaman
Main Author: | Zelvi, Yandra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7268/4/14090204%20-%20ZELVI%20YENDRA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7268/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7268/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7268/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7268/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar ekonomi, 2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar ekonomi, 3) pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar ekonomi, 4) pengaruh Pengendalian diri terhadap hasil belajar ekonomi 5) pengaruh kebiasaan belajar, kecerdasan emosional, lingkungan belajar dan Pengendalian diri secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2019. Populasi penelitian ini adalah Siswa kelas XI IPS SMAN 1 Panti Kabupaten Pasaman. Sampel dalam penelitian sebanyak 73 orang. Teknik penarikan sampelnya yaitu total sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,526. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 5,442 > ttabel sebesar 1,99. Artinya apabila kebiasaan belajar meningkat sebesar 1%, maka hasil belajar ekonomi akan meningkat sebesar 0,526 dalam setiap satuannya. Kedua kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,372. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,910 > ttabel 1,99. Artinya, apabila kecerdasan emosional meningkat sebesar 1%, maka hasil belajar ekonomi akan meningkat sebesar 0,372 dalam setiap satuannya. Ketiga lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,254. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 4,856 > ttabel sebesar 1,99. Artinya, apabila lingkungan belajar meningkat sebesar 1%, maka hasil belajar ekonomi akan meningkat sebesar 0,254 dalam setiap satuannya. Keempat Pengendalian diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,185. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 2,179 > ttabel sebesar 1,99. Artinya, apabila lingkungan belajar meningkat sebesar 1%, maka hasil belajar ekonomi akan meningkat sebesar 0,185 dalam setiap satuannya. Kelima kebiasaan belajar, kecerdasan emosional, lingkungan belajar dan Pengendalian diri secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Dimana diperoleh nilai Fhitung 65,721 > Ftabel 2,51. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.