Pengaruh Kesiapan Belajar, Minat Belajar, Transfer Belajar, Buku Teks/Cetak dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS di SMP N 1 Talamau

Main Author: Siska, Afriyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7267/3/14090203%20-%20SISKA%20AFRIYANTI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7267/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7267/2/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7267/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7267/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar, 2) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar, 3) pengaruh transfer belajar terhadap hasil belajar, 4) pengaruh buku teks/cetak terhadap hasil belajar 5) pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar 6) pengaruh kesiapan belajar, minat belajar, transfer belajar, buku teks/cetak dan lingkungan sekolah secara bersama- mempengaruhi prestasi belajar. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan November 2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi yang berada pada sekolah SMP N 1 Talamau. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode Stratified Random Sampling atau sampel berstrata kelompok sampel pendidikan orang tua yang dijadikan sampel dalam penelitian sebanyak 70 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama terdapat pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar, pengaruh yang lebih besar pada kelompok sampel pendidikan orang tua tinggi yang ditunjukkan koefisien sebesar 0,594 dengan thitung masing-masing 3,185 > ttabel 1,99773 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. Kedua terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar, pengaruh yang lebih besar pada kelompok sampel pendidikan orang tua tinggi yang ditunjukkan koefisien sebesar 0,425 dengan thitung masing-masing 3,600> ttabel 1,99773 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. Ketiga terdapat pengaruh transfer belajar terhadap hasil belajar, pengaruh yang lebih besar pada kelompok sampel pendidikan orang tua rendah yang ditunjukkan koefisien sebesar 0,198 dengan thitung masing-masing 2,155 > ttabel 1,99773 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. Keempat terdapat pengaruh buku teks/cetak terhadap hasil belajar, pengaruh yang lebih besar pada kelompok sampel pendidikan orang tua rendah yang ditunjukkan koefisien sebesar 0,354 dengan thitung masing-masing 3,362 > ttabel 1,99773 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. Kelima terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar, pengaruh yang lebih besar pada kelompok sampel pendidikan orang tua tinggi yang ditunjukkan koefisien sebesar 0,319 dengan thitung masing-masing 3,404 > ttabel 1,99773 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak Keenam kesiapan belajar, minat belajar, transfer belajar, buku teks/cetak dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. Dimana diperoleh nilai Fhitung 73,106 > Ftabel 2,36 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < α = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.