Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Airpura Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Resti, Wulandari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7259/2/14080269-Resti%20Wulandari-skripsi.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7259/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7259/3/penutup.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7259/4/daftar%20pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7259/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis khususnya menulis teks deskripsi. untuk melatih siswa agar terampil menulis digunakanlah model pembelajaran snowball throwing. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan kemampuan menulis teks deksripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Airpura Kabupaten Pesisir Selatan sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran snowball throwing. Kedua, untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Airpura Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ekperimen, metode eksperimen yang digunakan adalah (pre-eksperimen desain) dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Airpura Kabupaten Pesisir Selatan dengan jumlah siswa 30 orang. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran Snowball Throwing sebagai variabel bebas dan variabel terikat kemapuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Airpura Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Pertama, kemampuan menulis teks deskripsi sebelum menggunakan model Snowball Throwing memperoleh nilai rata-rata 63,69 berada pada tingkat penguasaan 56-65% dengan kualifikasi Cukup (C). Kedua, kemampuan menulis teks deskripsi sesudah menggunakan model Snowball Throwing memperoleh nilai rata-rata 82,64 berada pada tingkat penguasaan 76-85% dengan kualifikasi baik. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Snowball Throwing karena thitung>ttabel (5,53>1,70). Jadi, disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks deskripsi sesudah menggunakan model Snowball Throwing siswa lebih baik dari pada sebelum menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing.