Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Keterampilan Mengidentifikasi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri I Sutera

Main Author: Dewi, Yuniarti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7256/2/14080266-DEWI%20YUNIARTI-SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7256/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7256/3/PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7256/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7256/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal sebagai berikut ini. Siswa kurang paham dalam memahami teks laporan hasil observasi. Siswa lebih suka bertanya kepada temannya dibandingkan bertanya langsung kepada guru saat tidak memahami materi. Siswa masih kesulitan dalam menganalisis struktur teks laporan hasil observasi. Siswa kurang paham dalam mengidentifikasi teks laporan hasil observasi. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan kurang paham dalam mengidentifikasi teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model kooperatif tipe jigsaw siswa kelas VII SMP Negeri I Sutera. Kedua, mendeskripsikan keterampilan kurang paham dalam mengidentifikasi teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model kooperatif tipe jigsaw siswa kelas VII SMP Negeri I Sutera. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilam mengidentifikasi teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri I Sutera. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, metode eksperimen yang digunakan adalah (pre-experimental desaign) dengan rancanagan penelitian one-group preetest-postest desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri I Sutera yang terdaftar tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 258 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII8 SMP Negeri I Sutera dengan jumlah siswa 27 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Variabel terikat dalam penelitian ini mengidentifikasi teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri I Sutera Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan mengidentifikasi teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri I Sutera sebelum model Kooperatif Tipe Jigsaw berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 56,02. Kedua, keterampilan mengidentifikasi teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri I Sutera sesudah model kooperatif tipe jigsaw berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 78,15. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan mengidentifikasi teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas VII SMP Negeri I Sutera. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai thitung (6,48) > ttabel (1,71), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima