Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang
Main Author: | Puspita, Seplina Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7255/1/14080264-PUSPITA%20SEPLINA%20PUTRI-SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7255/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7255/3/PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7255/4/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7255/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal sebagai berikut ini. Siswa masih banyak yang kurang suka membaca.. Siswa masih ada yang kesulitan dalam menulis teks eksposisi. Siswa lebih suka bertanya kepada temannya dibandingkan bertanya kepada guru disaat tidak memahami materi. Siswa kurang memahami materi teks eksposisi. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang dengan jumlah siswa 30 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang secara keseluruhan adalah 74,74 dengan kualifikasi lebih dari cukup pada rentangan 66-75%. Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang adalah 76,00 dengan kualifikasi baik pada rentangan 76-85%. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang. Artinya, bahwa keterampilan membaca pemahaman berhubungan dengan menulis teks eksposisi. Hal ini terlihat dari hasil pengujian yang membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,11˃1,70