Pengaruh Tingkat Pendapatan Orang Tua, Kemandirian Bealajar, Fasilitas Belajar dan Pemamfaatan Media Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat

Main Author: Nia, Safitri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7245/4/14090177%20-%20NIA%20SAFITRI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7245/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7245/2/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7245/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7245/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh Tingkat Pendapatan Orang Tua terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, 2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap Pretasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, 3) Pengaruh fasilitas belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, 4) Pengaruh Pemamfaatan Media Internet Sebagai Sumber Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, 5) Pengaruh Tingkat Pendapatan Orang Tua, Kemandirian Bealajar, Fasilitas Belajar dan Pemamfaatan Media Internet Sebagai Sumber Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2018.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang IPK nya kategori memuaskan sebanyak 113 orang mahasiwa terbut dikelompokkan secara stratified random sampling berdasarkan pendapatan (Sampel Berstrata) dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 orang mahasiwa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. dan Eviews Versi 6 dengan analisis Regresi Linear Berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat Pendapatan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Dengan nilai koefisien 0,108 dan 0,096 kategori pendapatan orang tua rendah thitung 0,491 < ttaabel 2,051 berarti berarti Ha di tolak dan H0 diterima dan tingkat pendapatan orang tua tinggi nilai thitung 0,730< ttabel 2,051 berarti Ha di tolak dan H0 diterima.. 2) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Dengan nilai koefisien 0,010 dan 0,015 kategori pendapatan orang tua rendah thitung 2,369 > ttaabel 2,051,berarti Ha diterima dan H0 ditolak dan tingkat pendapatan orang tua tinggi nilai thitung 4,068 > ttabel 2,051 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 3) Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Dengan nilai koefisien 0,005 dan 0,014 kategori pendapatan orang tua rendah thitung 0,774 < ttaabel 2,051 berarti berarti Ha di tolak dan H0 diterima dan tingkat pendapatan orang tua tinggi nilai thitung 4,935 > ttabel 2,051 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 4) Pemanfaatan Media Internet Sebagai Sumber Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Dengan nilai koefisien 0,012 dan 0,009 kategori pendapatan orang tua rendah thitung 3,105 > ttaabel 2,051 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. dan tingkat pendapatan orang tua tinggi nilai thitung 5,025 >ttabel 2,051 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 5) tingkat pendpatan orang tua, kemandirian belajar, fasilitas belajar dan pemamfaatan media internet sebagai sumber belajar secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pretasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, dimana diperoleh Fhitung 19,316 > Ftabel 2,051 dengan taraf signifikan 0,000 < α = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun saran dalam penelitian ini hendaknya mahasiswa memperbaiki Bagi orang tua agar lebih memperhatiakan pendidikan anak terutama dalam penyediaan sarana dan prasarana belajar agar siswa lebih giat lagi dalam belajar sehingga prestasi akademikny akan meningkat. Bagi mahasiswa diharapkan dapat menumbuh meningkatkan prestasi akademik untuk menggapai cita-cita yang tinggi dengan adanya peran dari orang tua yang akan selalu membimbing dan berusaha memenuhi kebutuhan belajar. Bagi kampus agar senantiasa dapat menciptakan dan mewujudkan lingkungan kampus yang akrab dan tentram serta nyaman untuk melaksanakan proses belajar mengajar, sehingga diharapkan prestasi akademik mahasiswa menjadi baik dan optimal, karena lingkungan kampus dan lingkungan keluarga merupakan salah satu faktor keberhasilan belajar mahasiswa / prestasi akademik mahasiswa.