Pengaruh Kecerdasan Emosional, Konsep Diri, Pola Asuh Orang tua, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 4 Kinali Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Erlin, Sagita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7243/4/14090175%20-%20ERLIN%20SAGITA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7243/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7243/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7243/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7243/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar, (2) Pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar, (3) Pengaruh pola asuh orangtua terhadap kemandirian belajar,(4) Pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar, (5) Pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar, (6) Pengeruh kecerdasan emosinal, konsep diri, pola asuh orag tua, disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 4 Kinali Kabupaten Pasaman yang berjumlah 116 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proposional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis induktif dan deskriptif. Hasil analisa data menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan emosional secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keman dirian belajar siswa SMP Negeri 4 Kinali Kabupaten Pasaman Barat dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,415 nilai ini positif dan signifikan karena thitung sebesar (3,009) > ttabel (1,98896); (2)Konsep diri secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Kinali Kabupaten Pasaman Barat dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,334 nilai ini positif dan signifikan karena thitung sebesar (3,778) >ttabel (1,98896); (3)Pola asuh orang tua secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Kinali Kabupaten Pasaman Barat dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,681 nilai ini positif dan signifikan karena thitung sebesar (4,026) > ttabel (1,98896); (4)Disiplin belajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Kinali Kabupaten Pasaman Barat dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,097 nilai ini positif dan signifikan karena thitung sebesar (22,247) > ttabel (1,98896); (5)Motivasi belajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Kinali Kabupaten Pasaman Barat dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,406 nilai ini positif dan signifikan karena thitung sebesar (4,288) > ttabel (1,98896); (6) Kecerdasan Emosional, Konsep Diri, Pola Asuh Orangtua, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar secara simultan berpengaruh Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 4 Kinali Kabupaten Pasaman Barat karena Fhitung (102,275) > dari Ftabel (2,48). Besarnya sumbangan variabel Kecerdasan Emosional, Konsep Diri, Pola Asuh Orangtua, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Kinali Kabupaten Pasaman Barat yaitu 85,9% dan sisanya 14,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.