Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Koopertaife Tipe Take and Give Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti

Main Author: Intan, Mitra Rahim
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7241/1/14080250.%20INTAN%20MITRA%20RAHIM%20%28SKRIPSI%20PDF%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7241/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7241/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7241/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7241/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yaitu iswa mengalami kesulitan dalam menuangkan ide-ide ke dalam bentuk tulisan naskah drama. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama siswa tanpa model take and give dan kemampuan menulis naskah drama siswa dengan model take and give pada siswa kelas VIII SMP N 2 Linggo Sari Baganti. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Linggo Sari Baganti. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 103 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis naskah drama tanpa dan dengan menggunakan model Take and Give siswa kelas VIII SMP N 2 Linggo Sari Baganti. Penelitian ini dapat disimpulkan Pertama, kemampuan menulis drama siswa kelas VIII SMP N 2 Linggo Sari Baganti sebelum menngunakan model Take and Give memperoleh nilai rata-rata 55,56berada pada tingkat penguasaan 46 – 55% dengan kualifikasi Hampir Cukup (HC). Kedua,kemampuan menulis naskah drama sesudah menggunakan model Take and Give memperolehnilai rata-rata 61,33 berada pada tingkat penguasaan 56 - 65% dengan kualifikasi Cukup (C). Ketiga, berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Take and Give terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa, hal ini terlihat bahwa hasil uji hipotesis yang dilakukan dimana thitung> ttabel (1,89>1,72), maka dengan demikian penggunaan model Take and Give sangat berpengaruh digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP N 2 Linggo Sari Baganti