Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Fisik Sekolah, Kecerdasan Emosional, dan Motivasi Belajar Terhadap Disiplin Belajar Pada Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping

Main Author: Verawati, Verawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/724/1/13090036%20VERAWATI%20oke.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/724/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/724/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/724/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/724/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua, lingkungan fisik sekolah, kecerdasan emosional, dan motivasi belajar secara parsial dan simultan terhadap disiplin belajar pada mata pelajaran produktif siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 101 orang. Pengambilan sampel menggunakan tekniksampel berstrata dengan jumlah sampel sebanyak 101 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama pola asuh orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran produktif kelas XI SMKN 1 Lubuk Sikaping. Dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dan tinggi, yang paling berpengaruh terhadap disiplin belajar kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dengan koefisien sebesar 0,255. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,530 > ttabel sebesar 1,98. Kedua lingkungan fisik sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif kelas XI SMKN 1 Lubuk Sikaping. Dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dan tinggi, yang paling berpengaruh terhadap disiplin belajar yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan tinggi dengan koefisien sebesar 0,416. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,594 > ttabel sebesar 1,98. Ketiga kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran produktif kelas XI SMKN 1 Lubuk Sikaping.. Dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dan tinggi, yang paling berpengaruh terhadap disiplin belajar yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dengan koefisien sebesar 0,256. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,052 > ttabel sebesar 1,98. Keempat motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran produktif kelas XI SMKN 1 Lubuk Sikaping. Dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dan tinggi, yang paling berpengaruh terhadap disiplin belajar yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dengan koefisien sebesar 0,211 dengan t hitung Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,337 > ttabel sebesar 1,98. Kelima pola asuh orang tua, lingkungan fisik sekolah, kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama- sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran produktif kelas XI SMKN 1 Lubuk Sikaping. Dimana diperoleh nilai Fhitung 185,884> Ftabel 2,70 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Untuk meningkatkan disiplin belajar, maka disarankan kepada orang tua untuk mengontrol dan memantau anak ketika dalam belajar, selain itu guru juga harus meningkatkan lingkungan sekolah agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar, selanjutnya siswa memiliki target yang tinggi agar dapat memotivasi dirinya. Siswa juga harus memiliki harapan dan cita-cita masa depan, dengan begitu disiplin belajar siswa akan lebih meningkat.