Efektivitas Model Pembelajaran Explicit Instruction terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Deskriptif Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ranah Pesisir
Main Author: | Sefrianti, Sefrianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7239/1/14080248-SEFRIANTI-SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7239/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7239/3/BAB%20V%20PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7239/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7239/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Siswa kurang berminat dalam menulis. Siswa sulit membedakan paragraf deskriptif dengan paragraf lainnnya. Siswa kesulitan merangkai kata-kata. Siswa kurang berminat dalam mengamati suatu objek. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf deskriptif sebelum dan sesudah menggunakan model explicit instruction dan efektivitas model explicit instruction terhadap keterampilan menulis siswa kelas X SMA Negeri 2 Ranah Pesisir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Gruop Pretest-Postest Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil pretest dan posttest keterampilan menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 2 Ranah Pesisir sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan menggunakan model explicit instruction. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, nilai rata-rata keterampilan menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 2 Ranah Pesisir sebelum menggunakan model explicit instruction adalah 52,67 dengan kualifikasi hampir cukup (HC) pada rentangan 45-55%. Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 2 Ranah Pesisir sesudah menggunakan model explicit instruction adalah 74 dengan kualifikasi baik (B) pada rentangan 76-85%. Ketiga, terdapat efektivitas yang signifikan terhadap keterampilan menulis paragraf deskriptif dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction siswa kelas X SMA Negeri 2 Ranah Pesisir. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai thitung (8,50) > ttabel (1,70), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal itu berarti bahwa model pembelajaran explicit instruction efektif digunakan dalam keterampilan menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 2 Ranah Pesisir