Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler Simpati di Kec.Nanggalo Kota Padang
Main Author: | Desrita, Desrita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7236/4/14090169%20-%20DESRITA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7236/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7236/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7236/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7236/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, 2) pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, 3) pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian, 4) pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian 5) pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan citra merek secara bersama- mempengaruhi keputusan pembelian. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan kartu seluler simpati telkomsel di kec. Nanggalo Kota Padang. Teknik pengambilan sampel sampling insidental dengan menggunakan metode Stratified Random Sampling atau sampel berstrata kelompok sampel sertifikasi guru yang dijadikan sampel dalam penelitian sebanyak 100 konsumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program Eviews 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama terdapat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, pengaruh yang lebih besar terdapat pada kelompok golongan tua yang ditunjukkan koefisien masing-masing sebesar 0.220028 dan 0.181915. Artinya jika variabel kualitas produk meningkat sebesar satu satuan maka keputusan pembelian akan bertambah masing-masing sebesar 0.220028 dan 0.181915 nilai ini signifikan karena thitung masing-masing 2.685431 > 2.252903 > ttabel 1,98525 berarti, Ha di terima dan H0 di tolak. Kedua terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, pengaruh yang lebih besar terdapat pada kelompok golongan tua yang ditunjukkan koefisien masing-masing sebesar 0.532030 dan 0.761431. Artinya jika variabel harga meningkat sebesar satu satuan maka keputusan pembelian akan bertambah masing- masing sebesar 0.761431 dan 0.532030 nilai ini signifikan karena thitung masing-masing 3.690729 > 2.694554 > ttabel 1,98525 yang berarti, Ha di terima dan H0 di tolak. Ketiga terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian, pengaruh yang lebih besar terdapat pada kelompok golongan tua yang ditunjukkan koefisien masing-masing sebesar 0.356173 dan 0.282311. Artinya jika variabel harga meningkat sebesar satu satuan maka keputusan pembelian akan bertambah masing-masing sebesar 0.356173 dan 0.282311 nilai ini signifikan karena thitung 2.700170 > 1.764644 > ttabel 1,66543 berarti, Ha di terima dan H0 di tolak. Keempat terdapat pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, pengaruh yang lebih besar terdapat pada kelompok golongan tua yang ditunjukkan koefisien masing-masing sebesar 0.342941 dan 0.459678. Artinya jika variabel citra merek meningkat sebesar satu satuan maka keputusan pembelian akan bertambah masing-masing sebesar 0.342941 dan 0.459678 nilai ini signifikan karena thitung 2.245899 > 2.817217 > ttabel 1,66543 berarti, Ha di terima dan H0 di tolak. Kelima terdapat pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan citra merek secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Dimana diperoleh nilai Fhitung 25.76274 > Ftabel 2,47 dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05, sedangkan untuk sampel golongan tua diperoleh nilai Fhitung 33,07229 > Ftabel 2,47 dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima.Untuk meningkatkan keputusan pembelian sebaiknya meningkatkan kualitas produk, harga, promosi dan citra merek kartu seluler simpati telkomsel di kec. Nanggalo Kota Padang.