Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Pendidikan Orang Tua, Pendapatan Orang Tua Serta Peran Teman Sebaya Terhadap Personal Finance Management Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat

Main Author: Lidya, Citra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7217/3/14090163%20LIDYA%20CITRA%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7217/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7217/2/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7217/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7217/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: Pengaruh kecerdasan spiritual, pendidikan orang tua, pendapatan orang tua, dan peran teman sebaya terhadap personal finance management. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Ekonomi, yang terdiri dari mahasiswa tahun masuk 2016/2017 dan 2017/2018. Sampel berjumlah 99 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa Stratified Random Sampling berdasarkan pendidikan orang tua. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kecerdasan spritual berpengaruh signifikan terhadap personal finance management. Nilai koefisiennya masing-masing sebesar 0,732 dan 0,820. Dengan nilai thitung masing-masing 5,809 > ttabel 2,04 dan 8,660 > ttabel 2,00 serta nilai koefisien total yaitu sebesar 0,806. Koefisien ini signifikan dengan thitung 10,620 > ttabel 1,99 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. (2) Pendidikan orang tua berpengaruh signifikan terhadap personal finance management. Nilai koefisiennya masing-masing sebesar 2,945 dan 0,666. Dengan nilai thitung masing-masing 5,438 > ttabel 2,04 dan 3,212 > ttabel 2,00 serta nilai koefisien total yaitu sebesar 0,311. Koefisien ini signifikan dengan thitung 2,263 > ttabel 1,99 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. (3) Pendapatan orang tua berpengaruh signifikan terhadap personal finance management. Nilai koefisiennya masing-masing sebesar 3,788 dan 4,465. Dengan nilai thitung masing-masing 3,084 > ttabel 2,04 dan 2,863 > ttabel 2,00 serta nilai koefisien total yaitu sebesar 7,420. Koefisien ini signifikan dengan thitung 2,113 > ttabel 1,99 berarti Ha di terima dan H0 di tolak. (4) Peran teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap personal finance management. Nilai koefisiennya masing-masing sebesar 0,269 dan 0,322. Dengan nilai thitung masing-masing 2,522 > ttabel 2,04 dan 2,489 > ttabel 2,00 serta nilai koefisien total yaitu sebesar 0,373. Koefisien ini signifikan dengan thitung 4,052 > ttabel 1,99 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. (5) Kecerdasan spritual, pendidikan orang tua, pendapatan orang tua dan peran teman sebaya secara bersamaan memberikan pengaruh signifikan terhadap personal finance management. Untuk tingkat pendidikan tinggi dengan nilai Fhitung 51,826 > Ftabel 2,04 dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05, sedangkan untuk tingkat pendidikan rendah dengan nilai Fhitung 62,558 > Ftabel 2,00 dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan, (1) kepada mahasiswa diharapkan mampu untuk mengenal dan memecahkan masalah- masalah yang terkait dengan keuangan yang di alaminya, (2) kepada orang tua diharapkan mampu memberikan pendidikan keuangan di rumah pada anak, (3) kepada orang tua diharapkan ingat akan salah satu indikator ekonomi untuk mengukur kemampuan ekonomi mahasiswa adalah tingkat pendapatan orang tuanya, (5) kepada teman sebaya diharapkan memberikan sumber informasi dan perbandingan tentang dunia diluar keluarga sehingga mampu untuk menjaga keuangan yang telah diberikan oleh orang tua sehingga dikelola dengan baik.