Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan seperti kemampuan menulis siswa masih rendah, siswa masih belum menguasai struktur teks biografi, siswa belum menguasai kaidah kebahasaan teks biografi, metode yang digunakan guru masih belum efektif saat proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Think Talk write (TTW) terhadap Kemampuan Menulis Kembali Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode True Eksperimental Design. Desain penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Kelompok yang masing-masing dipilih secara random. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah teknik Simple random Sampling. Sampel dalam penelitian ini ada dua sebagai berikut, variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y).Data dalam penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja hasil kemampuan menulis kembali teks biografi tanpa dan dengan menggunakan model Think Talk write (TTW) terhadap Kemampuan Menulis Kembali Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman barat. Hasil penelitian ini adalah (a) kemampuan menulis kembali teks biografi tanpa menggunakan model Think Talk Write (TTW) Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman barat menghasilkan nilai rata-rata 62,30 yang berkualifikasi Cukup. (b) kemampuan menulis kembali teks biografi dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman barat menghasilkan nilai rata-rata 85,18 berkualifikasi Baik. (c) pengaruh yang signifikan model pembelajaran hasil kemampuan menulis kembali teks biografi tanpa dan dengan menggunakan model Think Talk write (TTW) terhadap Kemampuan Menulis Kembali Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat karena thitung> ttabel (8,57>1,67)