Pengaruh Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Lingkungan Belajar dan Budaya Sekolah Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Kelas X IPS dan XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Talamau

Main Author: Kurnia, Wati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7208/2/14090159%20KURNIA%20WATI%20%20SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7208/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7208/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7208/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7208/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa, 2) pengaruh minat belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa, 3) pengaruh lingkungan belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa, 4) pengaruh budaya sekolah Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa. Jenis penelitian ini adalah asosiatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X dan XI IPS di SMA Negeri 1 Talamau yang berjumlah 122 orang siswa. Pengambilan sampel dengan teknik Stratified Random Sampling jadi Jumlah sampel penilitian sebanyak 72 orang siswa yang terdiri 39 orang dengan pendapatan orantua rendah dan 33 orang dengan pendapatan orang tua tinggi. Hasil penelitian : 1) Terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional (X1) terhadap tingkat pemahaman siswa (Y) dengan nilai koefisien regresi 0,121 dan thitung sebesar 2,876 > ttabel sebesar 1.99601 dengan nilai signifikan < α. Untuk sampel pendapatan orang tua kategori rendah diperoleh nilai koefisien sebesar 0,117, Sedangkan untuk kelompok sampel pendapatan orang tua kategori tinggi diperoleh nilai koefisien sebesar 0.168. 2) Terdapat pengaruh antara minat belajar (X2) terhadap tingkat pemahaman siswa 1)dengan nilai koefisien regresi 0,225 dan thitung sebesar 5,030 > ttabel sebesar 1,99601. Untuk sampel pendapatan orang tua kategori rendah diperoleh nilai koefisien sebesar 0,279. Sedangkan untuk kelompok sampel pendapatan orang tua kategori tinggi diperoleh nilai koefisien sebesar 0,148. 3) Terdapat pengaruh antara lingkungan belajar (X3) terhadap tingkat pemahaman siswa (Y) dengan nilai koefisien regresi 0,127 dan thitung sebesar 5,030 > ttabel sebesar 1,99601. Untuk sampel pendapatan orang tua kategori rendah diperoleh nilai koefisien sebesar 0,103. Sedangkan untuk kelompok sampel pendapatan orang tua kategori tinggi diperoleh nilai koefisien sebesar 0,128. 4) Terdapat pengaruh antara budaya sekolah (X4) terhadap tingkat pemahaman siswa (Y) dengan nilai koefisien regresi 0,217 dan thitung sebesar 4,269 > ttabel sebesar 1,99601. Sedangkan untuk kelompok sampel pendapatan orang tua kategori tinggi diperoleh nilai koefisien sebesar 0,182. 5) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional, minat belajar, lingkungan belajar dan budaya sekolah terhadap tingkat pemahaman siswa SMA Negeri 1 Talamau. Hal ini dapat dilihat Dari hasil pengolahan uji F dengan menggunakan program SPSS versi 16.0, dapat dilihat bahwa diperoleh nilai Fhitung 103,228 > Ftabel 2,51.