Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Keterapilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X IPS SMA N 2 Batang Anai
Main Author: | Yosri, Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7207/1/SKRIPSI%20FULL.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7207/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7207/3/BAB%20V%20KESIMPUL%20dan%20SARAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7207/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7207/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan siswa dalam memahami teks laporan hasil observasi sehingga siswa kesulitan menentukan ide pokok dan struktur dari teks laporan hasil observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran CIRC. dan efektifitas penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X IPS3 SMA N 2 Batang Anai. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purpossive sampling. Variabel penelitian ini ada dua yaitu; variabel bebas adalah model Cooperative Integrated Reading and Composition dan variabel terikat adalah keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Berdasarkan hasil analisis data terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X IPS3 SMA N 2 Batang Anai sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC memperoleh nilai rata-rata 52,29 berada pada tingkat penguasaan 46-55% dengan kualifikasi Hampir Cukup (HC). Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan model pembelajaran CIRC siswa kelas X IPS3 SMA N 2 Batang Anai memperoleh nilai rata-rata 79,02 berada pada tingkat penguasaan 76-85% dengan kualifikasi Baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat efektifitas penggunaan model pembelajaran CIRC siswa kelas X IPS3 SMA N 2 Batang Anai karena thitung> ttabel (5,03>1,70).