Pengaruh Penggunaan Model Group Investigation Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Padang

Main Author: Nurul, Fatma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7206/4/14080209-NURUL%20FATMA-SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7206/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7206/2/PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7206/3/DAFTAR%20KEPUSTAKAAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7206/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan sebagai berikut . Siswa kurang terampil dalam menulis teks eksplanasi. Siswa mengalami kesulitan ketika merangkai kosakata menjadi sebuah teks. Siswa kesulitan ketika mengeluarkan pikiran dan mengembangkan ide saat menulis teks eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Group Investigation berbantuan media audiovisual dan pengaruh penggunaan model Group Investigation berbantuan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padang padatahun jaran 2017/2018. Jumlah siswa 261 orang terdiri dari 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS3 yang berjumlah 25 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan model Group Investigation berbantuan media audiovisual siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padang. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padang sebelum menggunakan model Group Investigation berbantuan media audiovisual memperoleh nilai rata-rata 54,66 berada pada tingkat penguasaan 46-55% dengan kualifikasi Hampir Cukup (HC). Kedua, kemampuan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan model Group Investigation berbantuan media audiovisual siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padang memperoleh nilai rata-rata 75,73 berada pada tingkat penguasaan 66-75% dengan kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Group Investigation berbantuan media audiovisual siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padang thitung> ttabel (6,51 > 1,71). Jadi, disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model Group Investigation berbantuan media audiovisual siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padang berpengaruh dari pada sebelum menggunakan model Group Investigation berbantuan media audiovisual