Pengaruh Fasilitas belajar Siswa, Intelegensi, Kemandirian belajar, Gaya Belajar Dan Sikap siswa Terhadap Hasil belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 3 Padang

Main Author: Welli, Sonya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7205/2/14090155%20WELLI%20SONYA%20%20SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7205/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7205/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7205/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7205/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1)pengaruh fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa 2) intelegensi terhadap hasil belajar siswa 3) kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa 4) gaya belajar terhadap hasil belajar siswa 5) sikap siswa terhadap hasil belajar siswa 6) pengaruh fasilitas belajar, intelegensi, kemandirian belajar, gaya belajar, dan sikap siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MAN 3 Padang Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 119 orang dan sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 72 orang dengan menggunakan teknik sampel berstrata. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup.Teknikan alisis data adalah analisis deskriptif dan analisis induktif dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama fasilitas belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dengannilaikoefisiensebesar 0,040. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,097 > ttabel sebesar 1,99. Artinya semakin baik fasilitas belajar siswa maka hasil belajarakan meningkat sebesar 0,040 dalam setiap satuannya, dari keseluruhan kelompok sampel orang tuaberpendapatan rendah dan tinggi, yang paling berkontribusi terhadap hasil belajar yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dengan koefisien sebesar 0,063. KeduaIntelegensiberpengaruh positif dan signifikan terhadap hasilbelajar. Dengan nilai koefisien sebesar0,077.Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar thitung 3,881 >ttabel1,99. Artinya, semakin baik intelegensi maka hasil belajarakan meningkat sebesar 0,077 dalam setiap satuannya, dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dan tinggi, yang paling berkontribusi terhadap hasil belajar yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dengan koefisien sebesar 0,093. Ketiga Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasilbelajar dengan nilai koefisien sebesar0,026. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 2,213 > ttabel sebesar 1,99. Artinya, semakin meningkat kemandirian belajar maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,093 dalam setiap satuannya, dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dan tinggi, yang paling berkontribusi terhadap hasil belajar yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dengan koefisien sebesar 0,044. Keempat Gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,084. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 4,312 > ttabel sebesar 1,99. Artinya, semakin meningkat gayabelajarmakahasilbelajar akan meningkat sebesar 0,084 dalam setiap satuannya, dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dan tinggi, yang paling berkontribusiterhadaphasilbelajar yaitu kelompok sampel orang tuaberpendapatantinggidengankoefisiensebesar 0,162.KelimaSikap siswaberpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,077. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 4,040 > ttabel sebesar 1,99. Artinya, semakin baik sikap siswa maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,077 dalam setiap satuannya, dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dan tinggi, yang paling berkontribusi terhadap hasil belajar yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan tinggi dengan koefisien sebesar 0,057. Keenam fasilitas belajar siswa, intelegensi, kemandirian belajar dan sikap siswa secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana diperoleh nilai Fhitung 24,555 > Ftabel2,435.Hal ini berarti Haditerimadan H0ditolak.