Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang
Main Author: | Serli, Wahyu Ningsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7202/1/SERLI%20WAHYU%20NINGSIH%2014080201%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7202/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7202/3/BAB%20%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7202/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7202/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi sebagai berikut. Pertama, siswa masih sulit menuangkan ide-ide. Kedua, siswa masih sulit menulis teks cerita fantasi dengan baik secara terstruktur. Ketiga, materi tentang teks cerita fantasi sangat sulit dipahami oleh siswa. Keempat, guru sudah pernah menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dan inguiri namun model cocok untuk siswa yang minat belajarnya tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Desaian penelitian ini adalah Posstest Only Control Design kelompok yang masing-masing dipilih secara random. Teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas, kelas control dan kelas eksperimen. Variabel dalam penelitian ini ada dua sebagai berikut, variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Data dalam penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja hasil kemampuan menulis teks cerita fantasi tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang. Hasil penelitian ini adalah (a) Hasil kemampuan menulis teks cerita fantasi tanpa menggunakan model pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang memperoleh nilai rata-rata 64,81 yang berkualifikasi Cukup. (b) Hasil kemampuan menulis teks cerita fantasi dengan menggunakan model pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lengayang memperoleh nilai rata-rata 80,08 yang berkualifikasi Baik. (c) Pengaruh yang signifikan model pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 karena thitung > ttabel. (6,90 > 1,68 )