Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kleas VII SMP Negeri 6 Pasaman
Main Author: | Mayang, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7201/3/skripsi%20full-converted.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7201/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7201/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7201/4/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7201/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa mempunyai keterampilan yang αααlemah dalam menulis. Siswa sulit menggabungkan kata menjadi kalimat yang utuh, dan merangkai kata-kata menjadi sebuah paragraf atau karangan. Rendahnya minat menulis siswa karena berpengaruh kepada rendahnya nilai siswa. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pasaman tanpa dan dengan menggunakan model discovery learning berbantuan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan rancangan penelitian posttest only control design. Adapun sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pasaman yang terdaftar pada semester 1 tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 150 orang. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut, pertama, keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pasaman tanpa menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual berkualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan rata-rata 61,78 berada pada rentangan 56%-65%. Kedua, keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pasaman dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berkualifikasi baik (B) dengan rata-rata 78,88 berada pada rentangan 78%-85%. Ketiga,terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan tanpa menggunakan model pembelajaran discovery learning dan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual. Hasil uji-t pada taraf kepercayaan 95% (∝=0,05) thitung>ttabel (7,40>1,65) dengan demikian H1 diterima. Berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks cerita fantasi.