Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mengembangkan ide atau gagasan dalam menulis serta kurangnya memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Tujuan penelitian ini adalah Pertama, mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 6 Padang tanpa menggunakan model pembelajaran two stay two stray. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 6 Padang dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran two stay two stray terhadap kemampuan menulis teks ekspalanasi siswa kelas XI SMK Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, bentuk rancangan Posttest-only control design. Populasi dalam penelitian berjumlah siswa 329 orang yang tersebar 12 kelas. Kelas kontrol berjumlah 25 orang siswa dan kelas eksperimen berjumlah 25 orang siswa Berdasarkan analisis data, disimpulkan berikut ini. Pertama, kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 6 Padang tanpa menggunakan model pembelajaran two stay two stray memperoleh nilai rata-rata 62,66 yaitu berada pada tingkat penguasaan 55-65% pada kualifikasi Cukup (C). Kedua, kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 6 Padang dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray memperoleh nilai rata-rata 75,19 yaitu berada pada tingkat penguasaan 66-75% pada kualifikasi lebih dari cukup (LDC). Ketiga, berdasarkan uji- t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan model pembelajaran two stay two stray siswa kelas XI SMK Negeri 6 Padang karena thitung > ttabel (5,91 > 1,72).