Efektivitas Penggunaan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA N 2 Batang Anai
Main Author: | Fitri, Rahma Yanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7196/2/FITRI%20RAHMA%20YANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7196/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7196/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7196/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7196/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi tentang teks eksposisi dan mengembangkan ide menjadi teks eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated reading And Compisition (CIRC) dan efektifitas penggunaan model cooperative integrated reading and compisition (CIRC) terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA N 2 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Design penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Disgn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Batang Ana yang berjumlah 211 siswa, tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 34 orang siswa. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA N 2 Batang Anai sebelum menggunkan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memperoleh nilai rata-rata 52,02 berada pada tingkat penguasaan 46-55% dengan kualifikasi Hampir Cukup (HC). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memperoleh nilai rata-rata 75, 24 berada pada tingkat penguasaan 66-75% dengan kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) Ketiga, berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan model Coopertive Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan thitung> ttabel (8,66 > 1,70) terhadap keterampilan menulis teks ekspsoisi siswa kelas X SMA N 2 Batang Anai tahun ajaran 2017/2018