Pengaruh Sarana Prasarana,Kepuasaan Kerja, Sertifikasi Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMA Pembangunan Laboraturium UNP Padang
Main Author: | Afrni, Juli Yanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7195/4/14090148%20-%20AFNI%20JULI%20YANTI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7195/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7195/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7195/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7195/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis data : (1) pengaruh sarana dan prasarana terhadap kinerja guru. (2) pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru. (3) pengaruh sertifikasi guru terhadap kinerja guru.(4) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (5) pengaruh sarana dan prasarana, kepuasan kerja, sertifikasi guru dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Pembangunan Laboraturium UNP Padang. Sampel berjumlah 52 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa Total Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif dengan bantuan program SPSS versi 16.0 dan Eviews versi 6. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja guru. Dimana diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,651 nilai ini signifikan karena nilai thitung sebesar 9,166 > ttabel sebesar 1,68 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 berarti Ha diterima H0 ditolak. (2) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja guru. Dimana diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,293 nilai ini signifikan karena nilai thitung sebesar 10,067 > ttabel sebesar 1,68 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 berarti Ha diterima H0 ditolak. (3) Sertifikasi guru berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja guru. Dimana diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,437 nilai ini signifikan karena nilai thitung sebesar 7,133 > ttabel sebesar 1,68 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 berarti Ha diterima H0 ditolak. (4) Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja guru. Dimana diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,383 nilai ini signifikan karena nilai thitung sebesar 7,075 > ttabel sebesar 1,68 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 berarti Ha diterima H0 ditolak. (5) Sarana prasarana, kepuasan kerja, sertifikasi guru dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersamaan memberikan pengaruh terhadap kinerja guru. Dimana diperoleh nilai Fhitung 177,854 > Ftabel 2,57 dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan, (1) kepada sekolah agar menyediakan ruangan buku pelajaran yang lengkap agar guru lebih mudah dalam melaksanakan proses pembelajaran. (2) kepada guru agar dalam melaksanakan pembelajaran harus selalu hadir. 3) kepada guru agar mampu melaksanakan peran dan fungsi serta tanggung jawab dengan baik. 4) kepada kepala sekolah agar mendorong pemanfaatan kebutuhan serta mampu merancang prosedur kerja guru agar kinerja guru tetap terjaga.