Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Mengontruksi Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman Padang
Main Author: | Evi, Oktaviani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7194/3/14080192%20EVI%20OKTAVIANI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7194/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7194/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7194/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7194/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Siswa sulit memahami materi dan Siswa sulit mengembangkan ide dan pikiran menjadi teks eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengontruksi teks eksposisi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan mengontruksi teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 296 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS 3 yang berjumlah 33 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, kemampuan mengontruksi teks eksposisi siswa kelas kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman sebelum menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) memperoleh nilai rata-rata 50,90 berada pada tingkat penguasaan 46-55% dengan kualifikasi Hampir Cukup (HC). Kedua, kemampuan mengontruksi teks eksposisi sesudah menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman memperoleh nilai rata-rata 79,39 berada pada tingkat penguasaan 76-85% dengan kualifikasi Baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman thitung> ttabel (8,41 > 1,70)