Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik tentang Etika Pergaulan (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMPN 7 Kinali Kabupaten Pasaman Barat)
Main Author: | Iis, Yulianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7192/1/IIS%20YULIANTI%2013060162%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7192/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7192/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7192/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7192/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang berperilaku kurang baik, peserta didik yang tidak menghargai teman, peserta didik yang memanggil teman dengan sebutan nama ayahnya, peserta didik yang kurang sopan saat bertanya, peserta didik kurang memperhatikan saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pemahaman etika peserta didik sebelum melaksanakan bimbingan kelompok dengan menggunkan metode diskusi. 2) Pemahaman etika pergaulan peserta didik sesudah melaksanakan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi. 3) Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik tentang etika pergaulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode dalam penelitian ini yaitu pre-exsperimental design pada layanan bimbingan kelompok menggunakan metode diskusi kepada peserta didik. Teknik penarikan sampel digunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 10 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk teknik analisis data digunakan teknik t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman etika pergaulan peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi berada pada kategori kurang baik, 2) Pemahman etika pergaulan peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi berada pada kategori baik, 3) Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik tentang etika pergaulan terlihat efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang etika pergaulan melalui layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi kedepannya, hal ini dikarenakan adanya layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi berguna untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang etika pergaulan