Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah sebagai berikut. Pertama,kurangnya keterampilan siswa dalam menulis naskah drama. Kedua, siswa lebih sulit menuangkan ide-idenya dalam bentuk tulisan. Ketiga, metode yang digunakan adalah metode ceramah. Keempat, media yang digunakan pada saat pembelajaran masih terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI SMAN 6 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah one-group pretest-postest design penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik Purposive Sampling,Sampel dalam penelitian inia dalah satu kelas. Data dalam penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja hasil menulis naskah drama sebelum dan sesudah menggunakan modelThink Talk Write (TTW) siswa kelas XI SMAN 6 Solok Selatan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) keterampilan menulis naskah drama sebelum menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) siswa kelas XI SMAN 6 Solok Selatan memperoleh nilai rata-rata 55,32 pada rentangan 46%-55% dengan kualifikasi Hampir Cukup (HC). (2) keterampilan menulis naskah drama sesudah menggunakan modelThink Talk Write (TTW) siswa kelas XI SMAN 6 Solok Selatan nilai rata-rata kelas 78,00 pada rentangan 76%-85% dengan kualifikasi Baik (B), (3) pengaruh yang signifikan penggunaan model Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI SMAN 6 Solok Selatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai thitung (9,23)>ttabel (1,71), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal itu berarti model pembelajaran Think Talk Write (TTW) digunakan dalam keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI SMAN 6 Solok Selatan.