Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Detergen Rinso Di Foodmart Basko Grandmall Padang

Main Author: Putri, Andika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/719/5/13090001%20PUTRI%20ANDIKA%20oke.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/719/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/719/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/719/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/719/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis : 1) Pengaruh Harga terhadap word of mouth. 2) Pengaruh Promosi terhadap word of mouth. 3) Pengaruh Kualitas produk terhadap word of mouth 4) Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian. 5) Pengaruh Promosi terhadap keputusan pembelian. 6) Pengaruh Kualitas produk terhadap keputusan pembelian. 7) Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan juli 2017. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif dengan hubnungan kausal. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang membeli detergen rinso di foodmart basko grandmall dengan sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan induktif dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama harga (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth (X4) dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,222 dan thitung 2,577 > ttabel 1,66. Kedua promosi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth (X4) dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,539 dan thitung 7,579 > ttabel 1,66. Ketiga kualitas produk (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth (X4) dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,193 dan thitung 2,289 > ttabel 1,66. Keempat harga (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,308 dan thitung 4,072 > ttabel 1,66. Kelima promosi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,207 dan thitung 2,715 > ttabel 1,66. Keenam kualitas produk (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,244 dan thitung 3,324 > ttabel 1,66. Ketujuh word of mouth (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,284 dan thitung 3,282 > ttabel 1,66. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan kepada produsen agar 1) perusahaan hendaknya menyesuaikan harga dengan kualitas produk, melalui kemasan yang menarik dan ukuran (berat) yang sesuai dengan harga yang ditetapkan, 2) kegiatan promosi detergen rinso yang telah menarik perhatian konsumen tersebut hendaknya tetap dipertahankan dan berusaha meningkatkan frekuensi penayangan di media masa, 3) manager perusahaan perlu menjaga, mempertahankan dan bahkan meningkatkan kualitas produk dengan terus berinovasi tanpa mengurangi kualitas, 4) perlu memperhatikan faktor word of mouth dalam strategi pemasaran produknya. Bagaimana caranya agar produk tersebut disebarkan lewat komunikasi dari mulut ke mulut oleh konsumen sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian produk detergen Rinso.