Sebuah Analisis Rubrik Penilaian Yang Digunakan Oleh Guru Bahasa Inggris Kelas XI di SMA N 7 Sijunjung Dalam Menilai Tulisan Siswa Tahun Ajaran 2016/2017

Main Author: Helvania, Helvania
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/718/1/13040123%20HELVANIA%20%20%20ok%20plip.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/718/2/Abstract.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/718/4/Conclusion.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/718/3/References.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/718/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan tipe rubrik penilaian yang digunakan oleh guru dan cara guru memberikan penilaian untuk menilai tulisan siswa kelas XI di SMA N 7 Sijunjung tahun akademik 2016/2017. Instrumen dalam penelitian ini adalah dokumen dan field notes. Sumber data penelitian ini adalah tulisan siswa tentang teks naratif yang telah dinilai oleh guru bahasa Inggris kelas XI di SMA N 7 Sijunjung tahun akademik 2016/2017. Guru bahasa Inggris dikelas XI berjumlah 1 orang guru. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa guru bahasa Inggris kelas XI di SMA N 7 Sijunjung tahun akademik 2016/2017 menggunakan rubrik penilaian dari Kemendikbud 2017 untuk menilai tulisan siswa, yaitu rubrik penilaian analitik. Guru tidak menggunakan indikator rubrik penilaian analitik di dalam proses penilaian. Kemudian, guru melakukan penilaian dengan cara memberikan tanda ceklis untuk setiap tulisan siswa yang akan dinilai. Dan guru hanya mengoreksi kesalahan siswa dalam menggunakan kosakata menulis sebuah teks naratif tanpa memberikan deskripsi yang jelas.