Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA N 1 Pasaman
Main Author: | Oche, Meiyola |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7179/3/14080181-OCHE%20MEIYOLA-SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7179/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7179/2/PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7179/4/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7179/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh. Pertama, siswa kurang menyukai pembelajaran menulis teks eksposisi. Kedua, siswa mengalami kesulitan dalam pengembangan ide pokok dan kalimat utamanya. Ketiga, siswa tidak tahu apa manfaat dari pembelajaran menulis teks eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi tanpa dan dengan menggunakan model Project Based Learning dan pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA N 1 Pasaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Postest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Pasaman. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Pasaman yang berjumlah 30 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks eksposisi tanpa dan dengan menggunakan model Project Based Learning. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, hasil keterampilan menulis teks eksposisi tanpa menggunakan model project based learning siswa kelas X SMA N 1 Pasaman. memperoleh nilai rata-rata 69,44, yaitu berada pada tingkat penguasaan 66-75% pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Kedua, hasil keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model project based learning siswa kelas X SMA N 1 Pasaman memperoleh nilai rata-rata 77,49 yaitu berada pada tingkat penguasaan 76-85% pada kualifikasi Baik (B). Ketiga, berdasarkan uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan model project based learning siswa kelas X SMA N 1 Pasaman karena thitung > ttabel (2,99>1,70). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh menggunakan model Project Based Learning terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA N 1 Pasaman