Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Diam terhadap Kemampuan Menulis Rangkuman Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Talang

Main Author: Ahmad, Ridho
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7169/4/14080163%20AHMAD%20RIDHO%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7169/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7169/2/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7169/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7169/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut. Pertama, minat dan motivasi belajar siswa masih tergolong rendah. Kedua, siswa sulit membuat rangkuman teks laporan hasil observasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis rangkuman teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Talang tanpa dan dengan menggunakan media audio visual diam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Talang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 161 orang dan sampel berjumlah 46 orang dengan penarikan sampel yaitu simple sampling purposive. Variabel dalam penelitian ini terbagi dua yaitu variabel bebas (media audio visual diam), dan variabel terikat (menulis rangkuman teks laporan hasil observasi). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja menulis rangkuman teks laporan hasil observasi. Hasil penelitian ini adalah. Pertama, kemampuan menulis rangkuman teks laporan hasil observasi tanpa menggunakan media audio visual diam siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Talang nilai rata-rata 74,63% yaitu berada pada tingkat penguasaan 66-75% dengan kualifikasi lebih dari cukup (LDC). Kedua, kemampuan menulis rangkuman teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media audio visual diam siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Talang nilai rata-rata 81,88% yaitu berada pada tingkat penguasaan 76-85% dengan kualifikasi baik (B). Berdasarkan hasil uji-t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media audio visual diam terhadap kemampuan menulis rangkuman teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Talang karena Thitung > Ttabel (2,68 > 1,68), sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima